Apple Crumble

Ovenku sudah sembuhhhh…

Oven kecil sihhh, tapi lumayan lah bisa buat bikin kue iseng-iseng.. Gak bisa masak, jadi belajar bikin kue aja deh, hehe..

Ini gara-gara makan apple pie di Downtown Bistro yang enak banget ituhhh, jadi gw pengen juga bisa bikin.. Tapi untuk permulaan, bikin apple crumble aja deh yaa.. Belum bisa bikin pie nya hihi..

Resepnya nyontek dari temen kantor gw yang sepertinya nyontek juga dari blog ini, dan ternyata aku berhasillll.. Gampang kok *sombong..

Secara gitu lhooo, gw kan gak bisa masak, nyentuh kompor pun jarang, jadi lah seisi rumah bingung gw ini ngapain sih..

Kupas apel aja telpon nyokap dulu gimana cara gampang ngupas + motong apel, hahaha..

Next time kayaknya gw bakal ganti apel Royal Gala aja biar lebih manis.. Apel Granny Smith itu ternyata asem-asem kecut ya, temans, jadi yang gak suka asem baru bisa makan kalo dipakein es krim..

Ini gw bikin crumble nya banyak buanget karena gw doyannn.. Maap kl di foto ini si apel tenggelem entah di mana hihi..

Es krim gw cuma doyan coklat & pas nyokap gw punya, jadi enak kan tu es krimnnya gratisan🙂

Eniwei, ini penampakan hasil bikinan gw & resep contekannya..

Apple Crumble

Bahan-bahan:
– 4-6 apel granny smith atau royal gala. Harus yang crunchy deh pokoknya.

– 1 cup gula merah

– 100-125gr mentega

– 2 cups tepung terigu

– 1/2 cup oats/granola (optional) – ini pake quaker oatmeal juga bisa

Cara membuat:

1.Kupas apel, buang tengahnya, potong kotak2 dan taruh di panci. Tuang 1/2 cup gula merah dan 1 sendok makan mentega, tutup pancinya dan masak dengan api kecil. Sesekali diaduk biar gak hangus sampai apel empuk dan karamel dari gula & apelnya keluar. Ini kira-kira 30 menit.

2. Jika apel sudah empuk, matikan api dan dinginkan. Dengan memakai sendok kayu, apel ditumbuk-tumbuk tapi tidak perlu sampai hancur banget. Tuangkan apel tersebut di dasar loyang.

3. Panaskan oven 150C sembari kita siapkan crumble nya. Campurkan sisa mentega, gula merah, tepung terigu, dan oat. Tuangkan tepungnya sedikit demi sedikit dan aduk dengan garpu atau tangan. Aduk sampai teksturnya menjadi crumble. Bisa ditambahkan tepung terigu lagi sampai mendapatkan tekstru crumble yang sesuai.

4. Tuangkan crumble di atas apel, tapi jangan ditekan. Sebarkan merata dan masukan ke oven selama 30 menit.

5. Diamkan sebentar dan siap dihidangkan dengan ice cream favorit.

Apple Crumble

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s