Chocolate Baileys Mud Cake

Punya Baileys di rumah kok ya gak abis-abis yah..

Belinya sebotol gede dahulu kala di Singapore, tapi minumnya seiprit doank, sesekali pula bareng suami kalo lagi iseng..

Akhirnya gw gugling deh si Baileys ini bisa dipake buat bikin kue apa yah..

Dan setelah mengalami pencarian berhari-hari, ditemukan lah resep di web Citrus and Candy yang amat menggugah selera..

Jadilah gw menyempatkan diri belanja loyang dan bahan-bahan lain ke supermarket deket kantor, niat abisss deh gw..

Yang mau nyontek resepnya, silakan..

Bahan-bahan:
150g unsalted butter
100g dark chocolate –> better pake yang min 70% biar maknyus
100g gula halus
100g brown sugar
50g bubuk coklat, diayak
180ml Baileys Irish Cream Whiskey
170g tepung terigu
1 1/2 tsp baking powder
1/2 tsp baking soda
1/2 tsp salt
3 butir telur, suhu ruang

Cara membuat:
– Campur butter, dark chocolate, gula, coklat bubuk, dan Baileys dan panaskan di atas kompor sampai meleleh.
– Aduk merata sampai tidak ada gumpalan lagi. Sisihkan dan diamkan sekitar 5 menit.
– Oleskan butter di alas loyang 20-21cm.
– Ayak tepung terigu, baking powder, baking soda dan garam dan sisihkan.
– Tambahkan telur ke dalam campuran coklat dan aduk rata.
– Masukkan campuran coklat tsb ke dalam campuran tepung terigu dan aduk sampai merata.
– Masukkan ke dalam loyang dan panggang di oven 160°C selama 40 menit.

Setelah matang, akan terlihat bagian atas kue sedikit retak-retak dan ini normal aja, Bagian atas yang gak rata itu tinggal di-trim supaya nanti bisa rapi pas mau dioles coklat ganache.
Hasil trim-an nya langsung gw makan deh, sedepppp..🙂 hehehe..

Kue nya didiamkan dulu sekitar 10 menit sebelum mulai menambahkan ganache.

Sebenarnya ganache bisa bikin sendiri, tapi karena lagi ada stock ganache topping nya Collatta, jadi gw pake itu aja deh yang gampang hehehe..

Voila.. Jadinya kayak gini dan rasanya enakkkkkk bangetttsss…!!!

Yummohhh...!!!!
Yummohhh…!!!!

Gw bawa ke kantor dan semua doyan.. Gw mah padahal asal gak bantet aja udah seneng banget hahaha..

Makasih temen-temen yang udah ikut cobain dan pada doyan, untung gak ada yang sakit perut ya nyoba kue gw, hehe..

Bikinan gw selanjutnya gak pake Baileys ah, biar anak gw bisa ikutan makan.. Kasian dia kemaren itu cuma bisa memandang tapi gw gak kasih.. Baileys nya kenceng soalnya hehe..

Selamat mencobaaa..!!!

Chocolate Baileys Mud Cake

5 thoughts on “Chocolate Baileys Mud Cake

Leave a Reply

