Carrot Cake

Maap yah, lama banget gak ngeblog.. Sampe ditegor sama dek Tere, hihihi..

Kali ini masih berkisar soal resep yah, entah kenapa lagi males review resto🙂

Ini awalnya karena gw beli baby carrot buat anak gw, eh malah dia gak doyan, gak mau makan sama sekali.. Mau dibikin soup aja kok rasanya sayang yah, secara tuh wortel mahal amat..

Jadi gw mencari-cari resep carrot cake, yang mana emang gw doyan dan penasaran aja masa sih gak bisa bikin yah hehe..

Nemu deh nih di mbah gugel, di website Sally’s Baking Addiction yang mana foto dan ceritanya menggugah selera banget, dan keterangannya ini kue akan moist bangettt..

Jadilah di wiken yang biasa ajah, saat sang suami pergi nengokin ikan piaraannya, dan anak-anak lagi pada makan di kamar (kalo pas makan ada gw, mereka malah pada rese gak mau makan), gw memilih berkutat di dapur nyobain bikin si carrot cake ini..

Bahan-bahan:
Carrot Cake
1 cup brown sugar
3/4 cup minyak sayur (atau minyak canola)
1/4 cup plain yoghurt
3 butir telur
2 tsp vanilli
2 cups tepung terigu
1 tsp baking soda
2 tsp cinnamon
1/4 tsp nutmeg –> ini gw skip karena gak punya hahaha
1/2 tsp garam
2 cups baby carrot yang sudah diparut
3/4 cup pecan atau walnut –> gw pake walnut karena pecan mahal :p

Cream Cheese Frosting

224 grams cream cheese, suhu ruang
1/2 cup unsalted butter, suhu ruang
2-2.5 cups gula halus
2 tbsp (30 ml) heavy cream
2 tsp vanilli
1/8 tsp garam, atau secukupnya

Cara membuat:

Panaskan oven 175°C. Oleskan loyang dengan minyak sayur.

Campur brown sugar dan minyak sayur dan kocok dengan kecepatan medium. Masukkan yoghurt dan aduk terus sampai merata, sekitar 60 menit. Tambahkan telur satu persatu dan aduk terus sampai rata. Campurkan vanilli. Sisihkan.

Di wadah terpisah, campurkan tepung terigu, baking soda, cinnamon, dan garam. Masukkan campuran tepung ke dalam adonan brown sugar, dan aduk dengan spatula dengan perlahan hingga merata dan tidak ada gumpalan tepung. Masukkan parutan wortel dan walnut ke dalam adonan dan aduk merata. Tuang ke dalam loyang.

Panggang kue selama 35 menit atau cek dengan tusuk gigi apakah sudah matang atau belum. Jangan overbaked, karena nanti akan menjadi terlalu kering. Dinginkan kue sebelum melakukan frosting.

Cara membuat frosting: Kocok cream cheese and butter dengan kecepatan medium selama 2-3 menit sampai adonan halus, creamy, dan merata. Tambahkan 2 cups gula halus dan kocok hingga merata. Tambahkan 2 tbsp heavy cream dan 2 tsp vanilli. Kocok lagi selama 2 menit. Tambahkan gula halus sampai mendapatkan kekentalan yang diinginkan. Tambahkan garam untuk mengurangi rasa manis yang berlebihan.

Nah untuk cream cheese frosting, gw gak pernah berhasil yah, jadi carrot cake gw gak ada frostingnya hahaha..

Untung kue nya sendiri udah enak tanpa si frosting.

Dan ini pun lumayan dibilang enak sama temen-temen, walau gak selaku si Baileys cake kemaren hehe..

Carrot Cake - frosting gagal :D
Carrot Cake – frosting gagal😀

Intinya, gw puassss udah bisa bikin sendiri, dan emang gak gampang nih bikin frosting, kayaknya gw salah pake bahan.. harusnya pake icing sugar menurut temen gw.. Atau ada ide harusnya gimana sih bikin cream cheese frosting?😀

Carrot Cake

Leave a Reply

