Miso Soup

Udah lama penasaran kenapa gw bikin miso soup gak bisa seenak kayak yang di restoran Jepang.. Gw dulu cuma pake bumbu miso sama air doank, dimasak, kelar, tapi kok beda ya rasanya😦

Tiba-tiba temen gw bbm lagi pengen cari Dashi.. Gw bingung deh Dashi itu apaan? *kuper* Katanya itu kaldu ikan, buat bikin miso soup..

Nah lho, baru deh gw browsing nyari tau emang miso soup itu pake Dashi yah, dan nemu ternyata orang-orang udah pada ngerti yah miso soup enak itu pake apa ajah, hehe.. Emang berarti gw aja yang gak pernah mau cari tau..

Akhirnya gw berburu dashi, wakame, bumbu miso, dan tahu jepang ke supermarket.. Yang mana ternyata gw udah punya Dashi di rumah tapi udah expired karena gw gak tau itu apaan.. Kenapa gw bisa gak tau itu apaan? Karena yang beli adalah suami gw, katanya dulu dia beli pas lagi mau bikin udon di rumah.. Kok dia pinter yahhh bisa tau aja pake gitu-gituan segala, hahaha..

Ini dia hasil belanjaan gw..

Bumbu Miso, Dashi, Wakame
Bumbu Miso, Dashi, Wakame

Setelah mencari Wakame di mana-mana tapi gak dapet, akhirnya nemu di Papaya Supermarket.. Sekalian lah gw beli dashi dan bumbu miso sachet-an.. Enak loh pake sachet gini, tinggal ambil aja perlunya berapa sachet, sisanya tetep aman di kulkas..

Cara bikinnya juga gampang bener yah sodara-sodara..

Bahan-bahan:

Bumbu miso 2 sachet
Dashi 1 sachet
Wakame, secukupnya, potong atau gunting kecil
Tahu jepang, minimal 1/2 pack atau seperlunya, potong dadu
Daun bawang, iris bulat halus

Cara membuat

Masak air hingga hampir mendidih. Masukkan dashi dan biarkan sampai mendidih di api kecil.
Masukkan bumbu miso, aduk hingga larut. Besarkan api, masukkan wakame dan tahu jepang, masak hingga tahu mengapung.
Angkat, sajikan dengan daun bawang (karena gw gak suka, jadi gw gak pake :))

Miso Soup with Tofu
Miso Soup with Tofu

Setelah percobaan pertama, gw sempet nyoba sekali lagi pake baso sapi dan enak juga hehe..

Miso Soup with Meatball
Miso Soup with Meatball

Anak-anak pun suka loh.. Yuk dicoba🙂

 

Miso Soup

2 thoughts on “Miso Soup

Leave a Reply

